Rabu, 01 Oktober 2014

INTERNET DAN MANFAATNYA

Di dunia modern saat ini, semua orang pasti tahu dan mengenal apa itu internet. internet merupakan kepanjangan dari interconnected network. jika di definisikan internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain.

Peran internet ada 2 macam. pertama, sebagai sumber data dan informasi maksudnya adalah internet di gunakan oleh user(pengguna) untuk mencari data dan informasi yang dibutuhkan yang tersedia di internet. contoh: seorang mahasiswa mencari materi mata kuliah yang belum di jelaskan oleh dosen.
kedua, sarana pertukaran data dan informasi, maksudnya internet dapat digunakan untuk pertukaran data atau informasi. contoh: dari satu perusahaan pusat dengan cabangnya dapat bertukar data yang dibutuhkan dengan menggunakan internet,

Adapun manfaat dari internet adalah:
1. mencari informasi(hosting) dan research di internet.
       seperti diketahui, internet menyediakan berbagai informasi yang kita butuhkan.
2. berkirim surat(e-mail)
        email atau electronic mail adalah media untuk berkirim surat sama seperti pos. akan tetapi jika melalui pos kita butuh waktu lama untuk menerima dan mengirim surat, sedangkan email hanya menunggu beberapa detik surat sudah terkirim.
3. belanja online(e-commerce)
         jika biasanya kita belanja harus pergi ke tempat perbelanjaan, maka dengan internet kita bisa belanja dari rumah sambil duduk santai, selain menghemat energi juga hemat biaya.
4. internet banking
         aktifitas perbankan yang dilakukan dirumah, dikantor dan di tempat lainya.
5. belajar jarak jauh(e-learning)
         ini adalah tahap pembelajaran jarak jauh. e-learning biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak memungkinkan datang ke kampus di karenakan kesibukan dan hal lainya.
6. mengobrol(chatting)
         dengan internet kita dapat mengobrol dengan orang-orang yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan dan daerah yang berbeda.

Demikian makna dan manfaat dari internet, semoga dapat di pahami dan berguna untuk kita semua.
terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar